A. Pengertian Hyperlink
Hyperlink disusun dari dua kata, yaitu hyper dan link. Hyper
memiliki arti banyak, sedangkan link diartikan sebagai hubungan.
Jadi hyperlink bisa diartikan hubungan yang banyak.
Hyperlink diartikan sebagai media presentasi yang dapat memberikan
kemudahan menghubungkan sebuah file yang berbeda atau menghubungkan banyak
slide-slide pada satu file PowerPoint
sehingga tampil dengan cepat, yang memberikan kemudahan tanpa secara
tradisional mencari file atau slide yang ingin dilihat tersebut.
B. Tujuan
/ Fungsi Hyperlink
Hyperlink terdiri dari fungsi (sebagai
penghubung), yaitu:
1.
Hyperlink antar file (dari file jenis PowerPoint ke file lain)
2.
Hyperlink dalam satu file (Hyperlink jenis ini menghubungkan
antar slide dalam satu file PowerPoint)
C.
Cara menggunakan Hyperlink
1.
Pilihlah
kata/gambar yang akan anda sisipi HYPERLINK,dengan cara memblok kata/gambar
dengan klik kiri
2.
Klik
tombol insert lalu pilih HYPERLINK/LINK
3.
Tuliskan
alamat URL kedalam box yang tersedia,lalu tekan ENTER.
1.
Pilih text atau object yang akan anda gunakan sebagai hyperlink.
2.
Pada tab Insert, klik Hyperlink.
3.
Kemudian akan muncul
menu seperti di bawah ini:
v Untuk membuat hyperlink
yang tersambung dari suatu slide ke slide lain dalam presentasi yang sama, klik
Place In This Document.
v Untuk membuat hyperlink
yang tersambung dari suatu slide ke sebuah file atau halaman web, klik Existing File or Web Page.
v Untuk membuat hyperlink
yang tersambung dengan alamat e-mail, klik E-mail Address.
v Anda juga bisa
menyambungkan hyperlink dengan dokumen baru dengan meng-klik Create New Document.
4.
Setelah memilih menu hyperlink
yang anda inginkan, klik OK.
Dengan demikian hyperlink anda telah tersambung dengan menu yang telah
anda pilih sebelumnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar